Minggu, 29 Juli 2012

Sahabat Baru Kulit Anda: Oatmeal!




Sereal lezat ini terkenal akan fungsinya untuk kesehatan jantung dan para wanita mengenalnya sebagai makanan yang bisa menjaga tubuh tetap langsing. Namun kelebihan oatmeal bukan dari kandungan serat dan kalorinya yang sangat rendah saja, oatmeal ternyata juga tinggi mineral, asam lemak esensial, asam amino dan juga mengandung antioksidan.Ya, antioksidan pada oatmeal yang bernama avenanthramida ini jadi kunci penting mengapa oatmeal sangat efektif menurunkan kolesterol LDL dalam darah. Tapi di sini kita tidak akan membicarakan fungsi kesehatan, melainkan peranan oatmeal dalam kecantikan. Anda tentu ingat, antioksidan sangat penting untuk memerangi penuaan dini yang paling ditakutkan oleh para wanita. Ditambah dengan kandungan mineral dan asam amino yang diperlukan untuk regenerasi kulit, oatmeal patut dilirik untuk menjadi sahabat wanita dalam merawat kulitnya. Berikut ini fungsi oatmeal yang ternyata lebih dari sekedar menu sarapan!
Pengusir jerawat
Oatmeal bisa menangkal infeksi, dan jerawat adalah salah satu bentuk infeksi pada kulit. Masak oatmeal hingga lunak, biarkan hangat, kemudian tempelkan di area yang berjerawat. Biarkan beberapa menit sebelum membilasnya.
Menyegarkan kulit kering
Oatmeal bentuknya memang kering, namun efektif untuk mengatasi kekeringan pada kulit Anda. Kulit kering karena kurang minum air atau karena cuaca yang tidak bersahabat bisa diatasi dengan masker oatmeal.
Meredakan peradangan dan iritasi
Kulit yang terbakar matahari sakitnya bukan main, demikian pula ruam-ruam yang muncul karena alergi. Giling halus 160 gram oatmeal, campurkan dengan 250 ml susu cair dan 1 sdm madu. Larutkan dalam air rendaman di bathtub Anda dengan bantuan kain saring, kemudian berbaringlah di dalamnya. Cara ini bahkan sering juga diterapkan pada anak-anak yang terkena cacar air untuk meredakan rasa tidak nyaman di kulit mereka.
Mengelupas sel kulit mati dengan aman
Scrub untuk mengelupas sel kulit mati di kulit memang perlu dilakukan secara rutin, namun bahan scrub seringkali membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Oatmeal paling pas digunakan untuk scrub karena cukup kuat untuk mengelupas sel kulit mati namun tidak membuat iritasi dengan kandungan nutrisinya yang melembabkan kulit.

Tidak ada komentar: