Minggu, 29 Juli 2012

Cara Menghilangkan Stress Dalam Semalam



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Seorang pasien mengeluh pada dokternya, "bagaimana sih dok cara menghilangkan stress ini? Saya sampai tidak bisa tidur, tidak enak makan, uring-uringan. Anda saja ada cara yang bisa menghilangkan stress dalam semalam, akan saya bayar berapapun harganya." Sang dokter hanya tersenyum, beberapa detik kemudian ia bertanya balik pada pasiennya, "Bapak benar mau menghilangkan stress?"
"Lho, ya jelas dok. Saya serius kok. Saya bosan dengan stress yang membuat hidup saya ini kacau. Berapa dok biayanya? Bagaimana caranya?"
"Gratis. Bapak dengarkan saja cerita saya," kata dokter itu. Dan mengikuti nasehat dokter, pasien pun menyimak cerita dokter dengan seksama.
"Pak, ini ada gelas berisi air. Kira-kira berapa ml air yang ada di dalam gelas ini, coba bapak tebak," kata sang dokter.
"Waduh, kalau pastinya sih saya nggak tahu dok, tetapi mungkin sekitar 150 ml,"
"Baiklah, mungkin saja jawaban bapak benar. Lalu, pertanyaan saya berikutnya, bagaimana bila saya memegang dan mengangkat gelas ini selama 5 menit?"
"Bisa pegal-pegal dong tangan dokter," jawab pasien sambil tertawa.
"Nah, bapak benar lagi. Lalu, bagaimana kalau saya mengangkatnya selama satu jam lamanya?"
"Bisa kram dok tangannya, mana bisa mengangkat terus sejam lamanya?"
"Benar lagi. Lalu, bagaimana kalau gelas ini saya angkat tiga hari tiga malam?"
"Wah, kalau itu sih bisa-bisa dokter pingsan, terlalu lelah, mungkin cedera otot juga,"
"Benar sekali. Lalu, apakah selama saya mengangkat gelas itu, isi dan banyak air itu berubah jumlahnya?"
"Tentu saja tidak dok. Kecuali mungkin dokter mengangkatnya dan berjemur di bawah matahari, air itu mungkin akan menguap sedikit tapi waktunya ya pasti lama," wajah pasien mulai bingung dan dahinya berkerut.
"Lantas, bagaimana agar tangan saya tidak cedera, tidak sampai kram atau pegal-pegal?" tanya dokter lagi.
"Ya jangan diangkat gelasnya, taruh saja dulu di meja."
"Itulah yang saya maksud, Pak. Mungkin 5-10 menit kita memegang gelas tersebut hanya pegal-pegal yang terasa. Tapi jika terlalu lama, tangan jadi capek, bahkan mungkin kram. Dan kalau lebih dari sehari saya memegang gelas tersebut ke atas, bisa-bisa otot tangan saya cedera. Begitu juga dengan masalah-masalah yang ada di dalam hidup kita. Memikirkannya sejenak mungkin akan mengaduk-aduk emosi kita, memikirkannya lebih lama membuat kita jadi sakit kepala dan mulai resah, tetapi kalau setiap kali dipikir dan dicemaskan, bisa bikin Anda tidak bisa tidur, kesehatan menurun, atau uring-uringan. Padahal, dipikirkan sampai larut malampun masalah Anda belum tentu selesai, kan?" tutur sang dokter.
Menghilangkan stress karena problem yang sedang kita alami, kuncinya sebenarnya mudah. Letakkan gelas yang Anda angkat sejenak, jangan selalu diangkat dan dibawa, nanti Anda sendiri yang akan merasa pegal dan lelah. Saat akan tidur, lebih baik fokuskan saja pada tidur, tinggalkan semua problem permasalahan Anda di meja, untuk mungkin keesokan harinya 'diangkat dan dibawa' lagi untuk dipecahkan.

Tidak ada komentar: