Minggu, 29 Juli 2012

10 Makanan Terbaik Untuk Rambut Sehatmu



 Memiliki rambut indah, tak cukup perawatan dari luar saja, kita juga harus melakukan perawatan ekstra dari dalam. Shampoo, kondisioner, serum, creambath, tetap harus disupport dengan makanan yang kita konsumsi.
Selama ini, yang kita tahu, rambut membutuhkan nutrisi seperti vitamin D, dan vitamin E. Padahal, masih banyak nutrisi lain yang dibutuhkan rambut. Apa sajakah nutrisi tersebut? Yuk intip di sini:
Protein
Dalam setiap proses pertumbuhan, tubuh manusia membutuhkan bantuan protein. Demikian juga dalam pertumbuhan rambut. Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok, dan mudah patah.
Sumber protein:daging merah, ikan, susu, telur, keju, yogurt, biji bunga matahari, dan lain sebagainya.
Vitamin A
Selama ini kita mengenal vitamin A yang hanya berguna untuk penglihatan mata saja, padahal vitamin A ini juga dibutuhkan tubuh untuk membantu perbaikan sel-sel di dalam tubuh, termasuk rambut. Saat rambut rapuh, maka vitamin A yang bertugas membantu pemulihannya.
Sumber vitamin A:Mentega, telur, susu, wortel, tomat, minyak ikan, sayur-sayuran hijau, dan lain sebagainya.
Vitamin B
Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan kulit, rambut dan kuku yang sehat. Apabila jumlah kebutuhan vitamin B tercukupi setiap hari maka rambut akan lebih bersinar, dan menunda pengubanan.
Sumber vitamin B:Susu, telur, gandum utuh, roti, kacang-kacangan, kedelai, ikan dan daging merah.
Vitamin D
Pada masa pertumbuhan, vitamin D dibutuhkan rambut untuk menggantikan rambut lain yang harus regenerasi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan pada rambut.
Sumber vitamin D:sinar matahari pagi, minyak ikan, susu, dan telur.
Vitamin C
Vitamin C sendiri bermanfaat untuk membantu penyusunan protein di dalam tubuh. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di atas, protein ini dapat membantu pertumbuhan rambut.
Sumber vitamin C:buah berry-berryan, cabai, jeruk, pisang, alpukat, jambu merah, delima, sayuran hijau, dan lain sebagainya.
Vitamin E
Vitamin E selain membantu melembabkan, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Sehingga rambut akan hitam lebih lama, pembentukan uban dapat ditunda, mencegah rambut rontok dan kebotakan.
Sumber vitamin E:Kacang-kacangan, minyak sayur, sayuran hijau, dan lain sebagainya.
Zat besi
Zat besi dapat membantu memperkuat dan membantu pertumbuhan rambut dari dalam.
Sumber zat besi:kacang-kacangan, beras merah, sawi, bayam, daun singkong, alpukat, dan lain sebagainya.
Kalsium
Kalsium juga salah satu nutrisi yang membantu pertumbuhan rambut. Agar rambut tetap subur dan pertumbuhannya cepat, konsumsi kalsium sangatlah penting.
Sumber kalsium:keju, kacang-kacangan, telur, susu, yogurt, sarden, dan lain sebagainya.
Yodium
Kekurangan yodium dapat menyebabkan kerontokan rambut. Inilah mengapa terkadang sudah mencoba berbagai shampoo pun ternyata juga tidak membantu. Bisa jadi, tubuh Anda sedang kekurangan yodium.
Sumber yodium:makanan sari laut, buah-buahan kering, dan garam.
Sulfur/belerang
Jangan dibayangkan berarti kita harus makan belerang ya. Karena sebenarnya belerang/sulfur ini bisa didapatkan pada telur, keju, daging merah, serta produk susu lainnya.

Tidak ada komentar: