Minggu, 29 Juli 2012

5 Bahan Penyembuh Jerawat



 Sebenarnya, problem jerawat bisa disembuhkan kok. Ada beberapa bahan aktif yang dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat agar kulit halus dan mulus.
1. Salicylic Acid
Salicylic Acid mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) yang membantu membuka pori-pori yang tertutup oleh kotoran dan minyak serta menetralisir bakteri yang ada. Bahan ini ditemukan di beberapa tumbuhan, salah satunya adalah pohon willow. Tak hanya dapat menyembuhkan dan mengeringkan jerawat, bahan ini juga membantu melenyapkan komedo hitam dan putih.
TIPS:Ahli dermatologi, Doris Day, MD, seperti dikutip dari Sheknows, menyarankan untuk mengaplikasikan salicylic acid pada daerah berminyak seperti di daerah T dan di bagian dagu. Hindari mengaplikasikannya di daerah kering agar kulit tidak terlalu kering.
2. Tea Tree Oil
Sudah cukup populer beberapa tahun terakhir ini, tea tree oil sebenarnya adalah antiseptik alami yang dibuat dari daun yang tumbuh di daerah Australia. Tea Tree Oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengurangi kandungan minyak di kulit wajah.
TIPS: "Jangan menggunakan tea tree oil apabila Anda menderita acne rosacea karena akan memperparah kondisinya," ungkap ahli dermatologi, Lawrence E. Gibson, MD, seorang ahli dari Mayo Clinic. (*acne rosacea adalah kondisi wajah berjerawat yang kemerahan dan merata di seluruh kulit)
3. Glycolic Acid
Glycolic Acid adalah bentuk lain dari Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang digunakan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit serta mengurangi kelebihan minyak di wajah.
4. Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide adalah bahan yang populer digunakan para dokter untuk menyembuhkan jerawat. Bahan ini secara aktif akan membunuh bakteri penyebab jerawat, mencegah jerawat datang kembali serta meregenerasi kulit.
5. Hyaluronic Acid
Yang tak kalah penting dalam menyembuhkan jerawat, Anda tetap harus menjaga kelembaban kulit. Tujuannya, agar tidak merusak kelenjar kulit dan justru menyebabkan problem kulit lainnya. Untuk itu, kulit butuh bahan aktif seperti hyaluronic acid, sebuah bahan yang biasanya berbentuk gel dan membantu mengurangi garis kerutan di wajah.
Bagaimanapun, semakin bertambah usia, kondisi kulit juga akan semakin menua. Perawatan sejak dini akan sangat membantu perbaikan kondisi kulit.

Tidak ada komentar: